Kegiatan‎ > ‎Renungan Warta‎ > ‎

Tuhan Hadir Beserta Kita

diposting pada tanggal 16 Des 2016 20.22 oleh Admin Situs
Yesaya 7:10-16, Mazmur 80:1-7, 17-19; Roma 1:1-7; Matius 1:18-25

Tuhan tidak jauh. Iman kita menegaskan bahwa Ia sungguh menghargai apa yang sudah diciptakan-Nya ini dan mau terlibat dengan sepenuh cinta kasih sayang untuk terus menjadikannya baik. Melalui kehadiran Tuhan Yesus Kristus, yang Roh dan Firman-Nya sungguh sangat dekat dengan kita, penyertaan Tuhan memberikan kepada kita kekuatan yang baru setiap hari.

Kepada Raja Ahas yang ragu, Ia menyatakan kepedulian-Nya. Ia tidak enggan mendengar doa setiap orang yang berpengharapan. Ia mengubahkan Saulus yang bengis dan keras kepala menjadi pembaru kehidupan banyak orang. Ia hadir menopang Yusuf dan Maria untuk terus melangkah dalam tindakan iman dan pada saat-Nya menegaskan Injil, kabar baik bagi dunia yang Ia kasihi ini.
  1. Raja Ahas yang sedang kebingungan menghadapi gempuran Damsyik dan Syria, mencari perlindungan kepada Asyur. Dalam kebimbangan itu, Allah memberi pertanda rencana penyelamatan-Nya. Apa yang Allah lakukan? (Yes. 7:10-11) Bagaimana respons Ahas? (Yes. 7:12) Apa tanggapan Allah kemudian (Yes. 7:13-16)? 

  2. Apa yang dapat kita pelajari dari kisah ini tentang sikap Allah kepada umat yang sedang khawatir, bingung dan mengalami kesusahan? Apakah yang menjadi tanda-tanda dari Allah bahwa Anda sekarang ini aman dalam penyertaan-Nya? 

  3. Tentang apakah doa dalam Mazmur 80:1-7? Apa saja permohonan sang pendoa? (Mzm. 80:4-8, 18-20) Kapan terakhir kali doa Anda mirip dengan apa yang didoakan oleh Pemazmur ini? 

  4. Paulus menjelaskan tentang Injil kepada jemaat di Roma. Bagaimana penjelasannya? (Rm. 1:2-4) Apa dampak Injil itu bagi dirinya? (Rm. 1:5) Bagi jemaat Roma? (Rm. 1:6-7) 

  5. Apa dampak Injil bagi diri Anda? Bagi orang-orang di sekitar kehidupan Anda? 

  6. Apa yang terjadi dengan Maria sebagai tunangan Yusuf sebelum mereka hidup sebagai suami isteri? (Mat. 1:18) Apa yang direncanakan Yusuf kemudian? (Mat. 1:19) Apa yang dilakukan Tuhan kemudian? (Mat. 1:20-21) Bagaimana penginjil Matius mengaitkan ini dengan nubuat nabi Yesaya? (Mat. 1:22-23) Apa yang dilakukan Yusuf kemudian? (Mat. 1:24-25) 

  7. Ada perubahan dalam hidup Yusuf saat ia mendapat penegasan bahwa Allah menyertai kehidupan-Nya dan ia menjadi rekan kerja Allah dalam menciptakan kebaikan bagi dunia ini. Perubahan-perubahan apa saja dalam hidup Anda saat mengimani bahwa Tuhan hadir beserta kita? Apa akibat perubahan-perubahan itu bagi hidup Anda dan orang-orang di sekitar Anda? 

Minggu 18 Desember 2016
Pdt. EE
Comments