Kegiatan‎ > ‎Renungan Warta‎ > ‎

Terbuka pada cara kerja Allah

diposting pada tanggal 7 Jul 2017 10.05 oleh Admin Situs
Zakharia 9: 9 - 12; Mazmur 145: 8 - 14; Roma 7: 15 - 25; Matius 11: 16 - 19, 25 - 30

Tuhan bisa bekerja dengan cara yang mungkin terlihat aneh bagi kita. Misalnya, Tuhan memakai orang-orang kecil dan menurut pandangan manusia kurang elok untuk melakukan perbuatan-perbuatan besar demi nama-Nya. Kita ingat akan kisah Daud, seorang gembala, bisa mengalahkan raksasa Goliat. Kita ingat akan Matius, seorang pemungut cukai, menjadi rasul Yesus Kristus. Bahkan, Yesus Kristus sendiri secara manusiawi hanyalah anak tukang kayu dari Nazaret. Bagaimana mungkin Ia bisa menjadi Mesias? 

Mengingat contoh-contoh Alkitab ini, kita diingatkan untuk terbuka pada cara kerja Allah yang terkadang tidak sama dengan pemikiran kita. Kita perlu terus belajar dari teladan Tuhan Yesus dan menerapkan teladan-Nya bagi hidup kita.
  1. Bagaimanakah gambaran raja dalam Zakharia 9: 9-12? Apakah itu sesuai dengan pemikiran tentang raja pada umumnya?
  2. Bagaimana mungkin seseorang yang lemah lembut melenyapkan kereta-kereta, kuda-kuda, dan busur perang?
  3. Tuhan macam apakah yang diperkenalkan dalam Mazmur 145? Sejauh mana penggambaran ini sama dan berbeda dari bayangan kita tentang Tuhan?
  4. Apakah Tuhan yang diperkenalkan dalam Mazmur itu kira-kira bersedia memakai orang-orang kecil untuk menggenapi rencana-Nya?
  5. Dalam Roma 7, apakah Paulus tampak seperti orang yang bisa dipakai Allah? 
  6. Apa yang menjadi sumber kelegaan dan kebahagiaan Paulus?
  7. Dalam Matius 11, apa alasan yang dipakai oleh orang banyak untuk menolak Yohanes Pembaptis dan Yesus Kristus? Mungkinkah hal ini disebabkan oleh kepicikan orang-orang tersebut?
  8. Mengapa “semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil?” Siapakah yang dimaksud dengan orang bijak, orang pandai, dan orang kecil di sini?
  9. Apa tujuan Yesus menyuruh orang-orang untuk belajar pada diri-Nya?
Minggu 9 Juli 2017
AS
Comments