Kegiatan‎ > ‎Renungan Warta‎ > ‎

Terang Yang Memandu Kepada Kristus

diposkan pada tanggal 3 Jan 2015 07.30 oleh Admin Situs
Yesaya 60:1-6, Mazmur 72:1-7, 11-15, Efesus 3:1-12, Matius 2:1-12

Sejak Minggu lalu dan seterusnya, renungan warta akan menggunakan metode pertanyaan-pertanyaan. Mengapa pertanyaan? Sebab dengan panduan pertanyaan ini, kita akan melatih diri untuk membaca Alkitab kita, menggalinya, menemukan Firman-Nya, memaknakannya dan memberlakukannya dalam kehidupan kita sehari-hari. Ini tentu akan menjadi pendorong yang baik bagi kita supaya terus belajar, bertumbuh di dalam iman, pengharapan dan kasih yang aktif, tidak pasif, hanya menerima saja.

Selain itu, perenungan dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan ini juga akan melatih kita untuk kelak masuk dan berdinamika di dalam kelompok-kelompok kecil pada Jemaat kita untuk berbagi makna hidup berangkat dari terang hikmat Firman-Nya. Pertanyaan-pertanyaan dibagi menjadi tiga jenis, yaitu: pembuka, yang menolong kita untuk masuk ke dalam pesan utama bacaan, lalu pendalaman, yang menolong kita untuk mencermati bacaan dengan seksama, serta penerapan, yang menolong kita untuk menerapkan pesan Firman Allah dalam kehidupan kita sehari-hari. Selamat membaca, menggali, merenungkan dan memberlakukan Firman Allah.

Pertanyaan Pembuka
  1. Setelah kemeriahan natal berakhir, apa yang akan Anda lakukan terkait kehidupan iman Anda untuk tetap menghadirkan kemeriahan natal yang berdampak bagi sesama ciptaan Allah? Dengan cara seperti apakah? 
  2. Apakah Anda memiliki orang-orang yang Anda anggap bijaksana untuk dimintakan saran terhadap keputusan-keputusan yang Anda akan ambil? Siapa orang-orang itu? 
Pertanyaan Pendalaman
  1. Yesus dilahirkan di Betlehem. Mengapa harus di Betlehem? Apa yang penting dari kota ini?
  2. Orang-orang Majus berasal dari sisi timur daerah yang jauh dari Israel. Mereka dikenal sebagai ahli perbintangan pada zaman itu. Mereka orang-orang cerdas dan bijaksana. Mengapa mereka mau bersusah-susah untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai kemunculan bintang terang yang mereka lihat?
  3. Perhatikan tanggapan orang-orang Majus setelah bertemu Yesus. Apakah tanggapan semacam itu pernah Anda jumpai juga dalam diri orang-orang Kristen pada zaman sekarang? Dalam bentuk apakah? 
  4. Pada saat kita memperhatikan kemunculan: bintang terang, persembahan para Majus (yang adalah “orang asing” bagi orang Yahudi), kekerasan Herodes dan tuntunan Allah kepada para Majus serta Yusuf dan Maria pada Matius 2:1-12, apa yang dapat kita katakan tentang Yesus Kristus? Apa kaitan hal-hal itu semua dengan karya Kristus setelah Ia dewasa? 
  5. Perhatikan Yesaya 60:1-6. Apa yang menjadi perintah Allah bagi umat-Nya dalam bagian ini? 
  6. Apakah karya yang dilakukan Tuhan Yesus Kristus hanya untuk orang Yahudi saja? Bacalah Efesus 3:1-12. 
Pertanyaan Penerapan
  1. Dalam perjalanan kita menuju kepada kekekalan surgawi, pelajaran apakah yang dapat kita ambil dari sikap orang-orang Majus?
  2. Jika orang-orang Majus mendapat petunjuk Allah melalui bintang terang, petunjuk apakah yang Allah berikan bagi Anda untuk datang kepada-Nya? (Baca Yohanes 14:5-14) 
  3. Apakah yang menjadi “Emas, Kemenyan dan Mur” dalam hidup Anda, yang Anda berikan kepada Tuhan Yesus? 
  4. Di dalam Matius 5:16 dituliskan: “Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di surga." Apakah yang akan Anda lakukan supaya kehidupan Anda menjadi terang yang memandu orang untuk datang kepada Kristus? 
Komitmen Kasih
  • Menyadari bahwa hidup membutuhkan tuntunan kuasa terang (kasih, keadilan dan kebenaran) dalam menghadapi kuasa gelap (kebencian, pementingan diri sendiri dan kebohongan) 
  • Menerima Yesus Kristus sebagai terang hidup, dengan mengikuti pengajaran dan teladan-Nya 
  • Mendayagunakan talenta dan kemampuan yang Allah berikan untuk memberikan manfaat dan kebaikan bagi orang lain
Minggu 4 Januari 2015
(Pdt. Essy Eisen)
Comments