Kegiatan‎ > ‎Renungan Warta‎ > ‎

Pembawa Kedamaian, Keadilan dan Kebenaran-Nya

diposting pada tanggal 2 Des 2016 20.31 oleh Admin Situs
Yesaya 11:1-10; Mazmur 72:1-7, 18-19; Roma 15:4-13; Matius 3:1-12

Sebagai seorang Kristiani, nilai-nilai kehidupan yang diajarkan dan diteladankan Tuhan Yesus Kristus harus kita pegang teguh dan hidupi dengan serius. Nabi Yesaya, Raja Salomo, Rasul Paulus, Yohanes Pembaptis, mereka semua menjunjung kepemimpinan Kristus, Raja Damai yang mengubahkan kehidupan banyak orang. Setiap orang yang mau dipimpin Kristus akan dikuatkan Roh Kudus untuk membangun komunitas yang telah diperbarui menjadi komunitas di mana kedamaian, keadilan dan kebenaran nyata demi kemuliaan Allah, Bapa kita yang baik.
  1. Nabi Yesaya menubuatkan kehadiran seorang Raja Damai. Dari manakah Ia berasal (Yes. 11:1)? Apa yang menjadi kekuatan-Nya (Yes. 11:2)? Bagaimana sikap hidup-Nya (Yes. 11:3-5)? Gambaran apa yang digunakan oleh nabi Yesaya untuk menggambarkan akibat kepemimpinan sang Raja Damai itu (Yes. 11:6-8)? Bagaimana dampak kepemimpinan-Nya bagi dunia (Yes. 11:9-10)? 
  2. Nilai-nilai baik apa yang Anda wariskan dari tradisi keluarga besar Anda? Apakah Anda akan mewariskan nilai-nilai itu pada generasi berikut? Nilai-nilai kehidupan apa yang Anda dapatkan dari Kristus? Apa akibat dari nilai-nilai itu bagi hidup Anda? 
  3. Salomo berdoa untuk orang yang menjalankan kepemimpinan. Apa saja harapan-harapannya bagi sang pemimpin itu (Mzm. 72:1-7)? Lalu kepada siapa pujian pada akhirnya tertuju (Mzm. 72:18-19)?
  4. Apa saja yang menjadi isi doa Anda bagi orang-orang yang menjalankan kepemimpinan selama ini?
  5. Bagaimana sikap orang Kristen terhadap Kitab Suci (Rm. 15:4)? Apa harapan Paulus bagi Jemaat Roma (Rm. 15:5-6)? Hal-hal apa yang harus mereka hidupi di dalam Jemaat (Rm. 15:7)? Apa yang menjadi dasar sikap hidup seperti itu (Rm. 15:8-12)? Apa yang menjadi kekuatan Jemaat dalam melakukan itu (Rm. 15:13)? 
  6. Kapan terakhir kali Anda membaca Kitab Suci bersama-sama dengan keluarga Anda dan membahasnya? Apa akibatnya? 
  7. Apa berita yang disampaikan Yohanes Pembaptis (Mat. 3:2)? Di mana ia menyampaikannya (Mat. 3:1)? Siapa Yohanes Pembaptis menurut Matius (Mat. 3:3)? Apa yang dipakai Yohanes Pembaptis (Mat. 3:4) apa maknanya jika dibandingkan pakaian orang pada umumnya saat itu (lihat Mat. 11:8, Luk. 7:25). 
  8. Apakah ada perbedaan nilai-nilai hidup Anda dengan nilai hidup yang Anda pandang buruk di lingkungan Anda? Bagaimana Anda menyikapinya, apa yang Anda lakukan? 
  9. Siapa saja yang datang kepada Yohanes Pembaptis dan apa yang mereka lakukan (Mat. 3:5-6)? Apa yang dikatakan Yohanes Pembaptis kepada banyak orang Farisi dan Saduki yang datang untuk dibaptis? Mengapa ia mengatakan itu (Mat. 3:7-10)? 
  10. Apa makna pertobatan bagi Anda? Apa-apa saja buah pertobatan yang sudah Anda hasilkan dalam hidup Anda? 
  11. Yohanes Pembaptis menyinggung Tuhan Yesus. Apa yang akan dilakukan Tuhan Yesus (Mat. 3:11-12)? 
  12. Bagaimanakah Tuhan Yesus sudah membentuk hidup Anda sejauh ini? Apa yang Anda harapkan untuk terjadi pada hari-hari mendatang kehidupan Anda?
Minggu 4 Desember 2016
Pdt. EE
Comments