Kegiatan‎ > ‎Renungan Warta‎ > ‎

Menghadirkan Kristus dan kasih-Nya bersama-sama

diposting pada tanggal 29 Jan 2016 05.36 oleh Admin Situs
Yeremia 1:4-10; Mazmur 71:1-6; Korintus 13:1-13; Lukas 4:21-30

Gereja di dalam dunia memiliki tugas dan panggilan yang dikenal dengan tritugas gereja, yaitu: bersekutu (koinonia), bersaksi (marturia), dan melayani (diakonia). Dalam rangka menjalankan tugas itu gereja hadir di tengah-tengah masyarakat dalam wujud ritual-ritual dan berbagai kegiatan aksi sosial. Berbagai tantangan menghadang gereja dalam mewujudnyatakan panggilannya tersebut di jaman modern ini. Salah satunya, kita dapat melihat bagaimana perkembangan teknologi mempengaruhi hubungan di antara umat (seperti slogan: mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat). Selain itu, semangat individualisme dan kompetisi dunia modern pun tidak mustahil merasuki persekutuan dan pelayanan gereja, sehingga terkadang menjadi tidak jelas: siapa yang sesungguhnya sedang kita beritakan: Kristus atau diri sendiri? Belum lagi kita melihat banyaknya kegiatan sosial yang juga dilakukan badan-badan atau organisasi di luar gereja, yang dalam beberapa hal dilakukan secara lebih baik dan dalam skala lebih besar. Hal ini menjadi tantangan serius bagi gereja. Masihkan gereja memiliki peran di tengah dunia? Kalau masih, apa perannya? Dan, bagaimana gereja selayaknya melakukan perannya itu?

Bacaan minggu ini, khususnya Lukas 4:21-30 dan 1 Korintus 13:1-13, menolong kita melihat bagaimana gereja selayaknya bersikap dalam menjalankan tugas panggilannya di dunia.

Pertanyaan Interpretasi

Lukas 4:21-30
  1. Mengapa orang-orang dalam rumah ibadat heran akan perkataan Yesus? (Lukas 4:22)
  2. Apa makna perkataan Yesus: “…sesungguhnya tidak ada nabi yang dihargai di tempat asalnya”? Dan apa maksud keseluruhan perkataan Yesus di Lukas 4:23-27? 
  3. Mengapa semua orang di rumah ibadah marah mendengar perkataan Yesus? (Lukas 4:28-29) 
  4. Apakah penolakan orang banyak menyurutkan semangat pelayanan Yesus? Mengapa? 
1 Korintus 13:1-13
  1. Apa intisari pesan Paulus dalam 1 Korintus 13:1-13? 
Pertanyaan Aplikasi
  1. Pernahkah saudara merasakan atau melihat orang lain mengalami seperti apa yang dialami Yesus dalam Lukas 4:21-30? Di dalam gereja? Di dalam keluarga? Di tengah masyarakat? Ceritakan! 
  2. Dalam hal apa perkataan Paulus dalam 1 Korintus 13:1-13 dapat berguna bagi saudara dan bagi pelayanan gerejawi? 
  3. Apa yang membedakan antara tindakan atau kegiatan atau program yang menghadirkan Kristus dengan yang tidak menghadirkan Kristus? 

Minggu 31 Januari 2016
Mathyas Simanungkalit, S.Si. (Teol.)
Comments