Kegiatan‎ > ‎Renungan Warta‎ > ‎

Kemuliaan Tuhan, Memulihkan Kehidupan

diposting pada tanggal 2 Mar 2017 03.15 oleh Admin Situs
Keluaran 24:12-18; Mazmur 2; 2 Petrus 1:16-21; Matius 17:1-9

Pada jaman era presiden Sukarno, ada panggilan khusus untuk beliau yaitu : Paduka Yang Mulia, pada jaman sekarang istilah yang sama seperti itu kita dengar dalam persidangan-persidangan di pengadilan, dengan istilah “Yang Mulia” untuk menyebut Hakim. Apakah makna kata “Mulia” itu?. Bagi beberapa orang mengartikannya berbeda-beda. Menurut G Bromiley (1971), Mulia bisa ditujukkan ke manusia mengandung arti sesuatu yang nampaknya mengesankan dan menuntut pengakuan akan kewibawaan orang tersebut dimana kedudukannya yang penting dan mencolok. Kalau “mulia” ditujukan untuk Tuhan Allah mengandung arti kemahakuasaan, mahaindah dan maha dasyat yang bersifat kekal.

Pengakuan dan keyakinan kita, bahwa Tuhan kita mahamulia, akan mempengaruhi iman dan sikap kita. Karena dengan keyakinan seperti itu dapat merubah arah hidup, apa yang kita kejar dan kita dewa- dewakan didalam hidup ini apakah Tuhan atau kehidupan duniawi, seperti materi, kedudukan dan tingkat sosial.

Daftar Pertanyaan :
  1. Mengapa kemuliaan Tuhan dilambangkan dalam bentuk awan dan api yang menghanguskan dipuncak-puncak gunung, oleh bangsa Israel ? (Keluaran 24:16.17) 
  2. Apa beda raja-raja dari dunia dangan raja-raja yang diurapi Tuhan (Mazmur 2) 
  3. Atas dasar apa Petrus mengatakan : Yesus Kristus sebagai Raja dengan segala kehormatan dan kemuliaanNya? (2 Petrus 1: 17, 19) 
  4. Apa maksud Petrus berkata : ”Tuhan betapa bahagianya kami berada ditempat ini, jika Engkau mau.......(Matius 17: 4). 
  5. Mengapa murid-murid tersungkur dan sangat ketakutan, ketika mendengar :”Inilah Anak yang Kukasihi, kepadaNyalah Aku berkenan, dengarkanlah Dia” (Matius 17: 5, 6) 
  6. Menurut saudara kalau dikatakan Tuhan mahamulia, secara pribadi artinya apa? 
  7. Kalau kita memiliki keyakinan bahwa Tuhan itu mahamulia, dapatkah keyakinan tersebut merubah perilaku dan sikap kita terhadap kehidupan ini ? Coba jelaskan bila dapat karena apa? Kalau tidak dapat karena apa? 
Minggu 26 Februari 2017
Pnt. PT
Comments