Kegiatan‎ > ‎Renungan Warta‎ > ‎

Cinta yang nyata melalui perbuatan

diposting pada tanggal 27 Feb 2016 13.06 oleh Admin Situs
Lukas 13:6-9

Ada perubahan hidup dari orang yang bertobat. Karena kasih sayang Allah yang mengampuni dan memberikan kesempatan baru, kini yang diperbuatnya bukan lagi kebodohan dosa, tetapi hidup dalam hikmat Allah.

Sebagai orang yang dikasihi, ia tidak lagi memelihara benci dan menyakiti yang lain, tetapi memelihara belas kasihan dan menunjukkan melalui perbuatan nyata, apa-apa yang memang harus dilakukan sebagai seseorang yang sedang menghidupi cinta kepada yang sudah dengan begitu luar biasa mencintainya.

  1. Menurut Anda, Apa yang menyebabkan seseorang kembali mengulangi dosa yang sama? 
  2. Apa yang seharusnya terjadi sesudah orang mengakui dosa-dosanya di hadapan Allah? 
  3. Melambangkan apakah kesuburan sebuah pohon dalam perumpamaan-perumpamaan yang dikisahkan di Alkitab? (Lihat Yeremia 17:7-8, Mazmur 1:3) 
  4. Perhatikan ayat 6 dan 7. Apa yang hendak Yesus katakan melalui perumpamaan ini? 
  5. Perhatikan ayat 8 dan 9. Apakah Anda menemukan karya yang mirip dari si pengurus kebun dengan karya kemesiasan Yesus bagi umat Allah terkait dosa? Karya apa saja? 
  6. Apa yang seharusnya terjadi dengan pohon ara setelah mendapat perhatian ekstra dari si pengurus kebun itu? Melambangkan apakah ini terkait kehidupan umat Allah? 
  7. Apa yang Anda pelajari tentang sikap Allah terhadap dosa dan orang berdosa setelah menyimak perumpamaan ini? 
Perenungan
  • Perbuatan kasih apa yang belum sempat Anda lakukan karena tertunda oleh dendam dan amarah selama minggu ini? 
  • Jika Anda diberikan kesempatan hidup untuk memperbarui hidup sampai hari paskah nanti, apa-apa saja yang akan Anda lakukan?

Minggu 28 Februari 2016
Pdt. Essy Eisen
Comments