Kegiatan‎ > ‎Persekutuan‎ > ‎

Sakramen

Kami mengakui dan melayankan sakramen Baptisan Kudus, yaitu baptisan kudus dewasa dan baptisan kudus anak serta Perjamuan kudus.

Baptisan Kudus Anak

Bagi anggota jemaat yang mempunyai anak berusia di bawah 15 tahun dapat membaptiskan anaknya di GKI Halimun dengan melengkapi persyaratan: fotocopy akte kelahiran anak dan mengisi formulir permohonan baptis kudus anak.
Bagi yang bukan anggota GKI Halimun dan ingin membaptiskan anaknya di GKI Halimun dapat dilakukan dengan meminta surat pengantar baptis titip dari gereja asalnya.

Baptis Dewasa / Baptis Sidi

Anak anggota jemaat yang telah berusia 15 tahun dan belum pernah baptis anak dapat menjadi anggota GKI Halimun dengan mengikuti baptis dewasa/baptis sidis setelah menyelesaikan katekisasi serta mengisi formulir permohonan baptis dewasa dan menyerahkan foto ukuran 3 x 4 sebanyak 4 lembar. Anggota dari gereja lain yang tidak seajaran dengan GKI dapat menjadi anggota GKI Halimun dengan mengikuti baptis dewasa/baptis sidi dengan persyaratan seperti tersebut di atas serta melampirkan fotocopy akte baptisan dari gereja asal.

Baptis Darurat

Baptisan kudus dalam keadaan darurat adalah baptisan kudus yang diberikan bagi orang jompo atau orang dewasa yang sakit keras yang masih dapat mengaku imannya, atau bagi anak yang sakit keras atas dasar pengakuan iman orangtuanya. Baptisan kudus darurat dilaksanakan dalam sebuah kebaktian di tempat calon berada. Untuk persyaratannya dapat menghubungi pendeta GKI Halimun atau penatua terdekat di wilayah yang bersangkutan.

Sidi / Mengaku Percaya

Anak anggota jemaat yang telah berusia 15 tahun dan telah menerima baptis anak dapat mengikuti sidi, dengan persyaratan mengikuti dan menyelesaikan katekisasi serta yang bersangkutan mengisi formulir permohonan sidi dan menyerahkan foto ukuran 3 x 4 sebanyak 4 lembar.

Katekisasi

Bagi calon anggota GKI Halimun dari sidi, baptis dewasa atau dari gereja lain yang tidak seajaran dengan GKI wajib mengikuti dan menyelesaikan katekisasi yang diselenggarakan oleh GKI Halimun. 

Perjamuan Kudus

  • Perjamuan Kudus dirayakan sekurang-kurangnya empat kali dalam setahun
  • Perjamuan Kudus dilayankan oleh Pendeta dan Penatua
  • Perjamuan Kudus terbuka bagi setiap anggota sidi dan anggota sidi gereja lain sebagai tamu yang tidak berada di bawah penggembalaan khusus
Sebelum pelaksanaan Perjamuan Kudus, Majelis Jemaat mempersiapkan perayaan Perjamuan Kudus agar anggota memahami dan menghayati arti Perjamuan Kudus serta melakukan pemeriksaan diri (sensura morum) dengan mewartakan perayaan Perjamuan Kudus tersebut selama tiga hari minggu berturut-turut formulir liturgis persiapan pada warta jemaat sebagai persiapan pribadi. Pada Minggu terakhir sebelum pelaksanaan, persiapan dilakukan secara komunal dalam kebaktian minggu

Perjamuan Kudus menggunakan roti dan air anggur. Bagi anggota yang tidak bisa minum air anggur disediakan teh atau air

Untuk anggota yang sudah uzur maupun anggota yang sakit dan tidak dapat mengikuti kebaktian Minggu dalam waktu yang lama tetapi masih mampu memahami dan menghayati arti Perjamuan Kudus, akan dilayankan Perjamuan Kudus di rumah atau di rumah sakit pada hari yang ditetapkan dengan mengkonfirmasikan kesediaan setelah menghubungi Tata Usaha Gereja terlebih dahulu

Ċ
Essy Eisen,
15 Jul 2010 08.11
Ċ
Essy Eisen,
15 Jul 2010 08.11
Ċ
Essy Eisen,
15 Jul 2010 08.12