Yohanes 16:23b-30

diposting pada tanggal 1 Jan 2011 23.33 oleh Essy Eisen   [ diperbarui 1 Jun 2014 13.01 oleh Admin Situs ]
Bapa di dalam kasih Yesus Kristus

Gambaran apa yang ada di benak Anda tentang Allah? Jika Anda berdoa, apa yang ada di dalam pikiran dan hati Anda mengenai sosok Allah? Bagaimana sifat-Nya, apa yang menjadi kehendak-Nya?

Sebelum Kristus, perkara itu tidak begitu jelas. Namun semenjak kehadiran dan karya Yesus Kristus ada kejelasan bagi kita bahwa hubungan Allah dan umat-Nya kini ditegaskan di dalam hubungan yang akrab namun dalam suasana yang hormat. Seperti hubungan bapa atau ibu dengan anak yang saling terikat dan terbeban untuk mengasihi. Pengikut Kristus yang mau menerima kasih Kristus dan mau menjalankan kehidupannya berangkat dari kasih Kristus dengan pertolongan Roh Kudus kini dapat menjalin relasi yang baru dengan Allah sebagai Bapa yang kasih karunia-Nya melimpah bagi mereka.

"..Aku datang dari Bapa dan Aku datang ke dalam dunia; Aku meninggalkan dunia pula dan pergi kepada Bapa." (Yoh 16:28). Kata-kata Yesus ini memberikan sebuah "pola kudus". Allah yang berinkarnasi menjadi manusia membarui dunia untuk kemudian pada saat-Nya pergi kepada Bapa. "Pola kudus" ini harus menjadi kesadaran spiritual bagi para pengikut Kristus dalam memaknakan hidup yang dijalani oleh mereka di dunia ini. Di dalamnya ada keseimbangan antara yang ilahi dan insani. Ada tindakan kasih yang harus mengubahkan kehidupan untuk pada akhirnya tiba dan kembali kepada kesempurnaan yang abadi, kepada Bapa.

Perubahan apa yang telah terjadi dalam relasi kita dengan sesama kita akibat relasi kita dengan Bapa di dalam Kasih Yesus Kristus?
Comments