Yesus menarik orang datang kepada-Nya

diposting pada tanggal 6 Jan 2015 07.35 oleh Essy Eisen   [ diperbarui6 Jan 2015 07.35 ]
Dasar perenungan: Matius 2:1-12

Mengapa penginjil Matius menyinggung orang-orang Majus, orang-orang yang terbilang asing hadir dalam kisah kanak-kanak Yesus? Karena Matius ingin memperlihatkan kepada para pembaca Injilnya, betapa kasih Allah yang tak berbatas itu menembus sekat-sekat yang ada di tengah manusia, melalui kehadiran Yesus Kristus. 

Bukan hanya itu. Fenomena bintang Timur yang terang itu pun mengundang kita untuk memikirkan betapa semesta alam ikut mendukung sebuah era baru kehadiran Pembawa Damai bagi dunia. Sejak kecil Yesus menarik banyak orang datang kepada-Nya. 

Tentu tidak semua. Ada yang tidak tertarik. Bahkan tersinggung karena kehadiran Kristus. Matius menyebut Herodes. Raja wilayah yang takut ruang nyamannya tergantikan oleh kehadiran Kristus. Tetapi upaya Herodes sia-sia. Kasih jauh lebih besar ketimbang kebencian dan kejahatan. Kasih pada akhirnya menang!

“Terima kasih ya Allah, untuk kehadiran Yesus Kristus di dunia ini. Selamat datang Kristus! Mari tunjukkanlah kepada kami jalan damai-Mu itu, jalan yang penuh kemenangan!”