Proses menjadi

diposting pada tanggal 6 Jul 2017 11.10 oleh Admin Situs   [ diperbarui6 Jul 2017 11.11 ]
Kejujuran untuk mengakui bahwa ada sebuah proses yang tidak mudah dalam setiap upaya memperbarui diri adalah baik. Sebab, kejujuran itu menolong kita untuk tidak menjadi angkuh. Tanpa kerendahan hati bisa jadi setiap upaya yang dianggap baik malah mengarah kepada kemunduran kualitas hidup. Tidak jarang ditemui, nilai-nilai agama yang baik justru dapat memberikan dampak yang tidak membangun manakala seseorang menghidupinya dengan tinggi hati serta dalam manipulasi yang ingin mencari keuntungan sendiri.

Oleh sebab itu pengakuan diri Paulus tentang pengalamannya mencermati Taurat (Roma 7:7-20) menjadi salah satu inspirasi yang menolong kita untuk selalu waspada dan rendah hati dalam menyadari betapa kelemahan kita dapat mencederai apa-apa yang baik, yang seharusnya dihidupi dengan baik, jika kita menjadi angkuh dan merasa diri paling benar. 

Sikap bijaksana dalam hidup dan pertumbuhan iman, selalu diawali dengan kerendahan hati. Dalam sikap yang tepat itu, proses perubahan hidup berjalan dengan cermat dan sehat. Ingatlah bahwa kita ini selalu ada dalam proses "menjadi". Jadi, jangan angkuh dan membohongi diri sendiri.

EE
Comments